Sabtu, 04 Februari 2017

TIPS JUALAN LARIS LEWAT BBM


TIPS JUALAN LARIS LEWAT BBM
.
.
Reseller #RinduBuku yang jualannya masih seret, sepertinya perlu baca tulisan ini, nih. Hehe. Reseller yang belum  laris tentu punya beberapa alasan. Ada yang menyerah karena dia merasa jualan buku ternyata cukup sulit. Ada yang merasa ternyata jualan buku cukup menyita waktu: padahal dia tengah dilanda kesibukan tugas-tugas kuliah, di sisi lain dia juga ingin aktif di berbagai kegiatan dan oraganisasi. Atau alasan lainnya...
.
Kepada reseller saya memberikan target agar mereka serius, berkomitmen dan berpikir cerdas saat menghadapi "deadline" namun belum memenuhi target. Targetnya ringan sebenarnya, cuma 5 eksemplar per bulan.
.
OK, saatnya ke inti materi. Tips jualan larisnya sebagai berikut:
.
1. Perbanyak kontak BBM.
.
Kontak BBM ku kini ada 1491 orang. Setiap hari selalu ada orderan buku. Kewalahan, men. https://www.facebook.com/images/emoji.php/v7/f51/1/16/1f603.png:D
Dulu tentu kontak BBM ku tidak sebanyak itu. Yang membuat kontak BBM bisa sebanyak itu karena:
a)     aku sering di-invite
setiap promo buku di Facebook aku sering mencantumkan pin BBM. Teman dan pelangganku juga sudah banyak yang mereferensikan pin ku kepada teman-teman mereka yang suka cari buku,
b)     aku sering invite pin teman-teman
Baik itu teman dekat, teman-teman baru, orang-orang yang suka baca dan orang-orang yang potensial jadi pelanggan buku,
c)      aku sering meminta teman-teman pilihan untuk mempromosikan pin BBM-ku
Temanku yang promo Pin ku ada yang BroadCast dan ada yang lewat Status BBM/Private Message (PM).
.
Broadcast (BM)
Misalnya rata-rata dalam satu minggu kita minta kepada 10 teman pilihan untuk mem-BC pin kita. Dari hasil BC itu rata-rata ada 10 orang yang invite, itu artinya tiap minggu kontak BBM kita bertambah 100 orang. Berarti pula kita telah menjaring 100 orang baru yang berpotensi jadi pelanggan buku.
.
Private Message (PM)
Sebagian pengguna BBM malas melihat BC. Di sisi lain, sebagian pengguna BBM juga malas mengirim pesan siaran (BC). Jadi kita kombinasikan strategi promo pin BBM dengan cara meminta teman pilihan kita untuk promo Pin kita lewat status BBM-nya (contohnya lihat foto kedua dalam postingan ini).
Misal dalam satu minggu kita meminta 10 teman pilihan untuk PM pin kita, lalu dari 10 itu masing-masing nyangkut 5 orang. Berarti dalam seminggu, dari promo via PM itu kita berhasil menjaring 50 kontak BBM baru. Kalau mau lebih banyak lagi, ya silakan di-improvisasi sendiri. Hehe. Saran saya, minta PM nya di waktu yang strategis. Misal pas jam istirahat siang, jam saat santai sore atau malam. Jangan jam 12 tengah malam atau dini hari. Biasanya jam segitu orang pada tidur. Gak lagi baca-baca status BBM. Haha.
.
2. Sering ganti DP buku dan ganti PM.
Dengan rajin ganti DP buku anda akan dikenal sebagai penjual buku (ya iya lah, masa dikira penjual gorengan https://www.facebook.com/images/emoji.php/v7/f51/1/16/1f603.png:D). Ayo lah, jangan malas. Jangan pasang DP itu-itu terus dalam waktu lama. Kecuali kamu itu udah jadi penjual buku keren yang jarang ganti DP tapi selalu dikejar-kejar pelanggan, ya silakan... Sering pasang DP buku-buku best seller atau buku-buku kesukaanmu atau buku-buku mata kuliah jurusanmu atau buku-buku kesukaan bribikanmu *eh. Nanti lama-lama temanmu yang suka buku pasti 'gatel' pengin tanya dan pengin order...
Saat kita sudah berhasil membangun branding sebagai penjual buku lewat ganti-ganti DP pilihan. Kombinasikan dengan sering ganti-ganti PM. PM nya tidak harus melulu promosi buku. Misal aktivitas sehari-harimu, kutipan tokoh, kutipan buku, kutipan puisi karyamu, dsb. Bahkan ya, saya sering PM yang SAMA SEKALI tidak berhubungan dengan buku, eh malah banyak yang komentar tanya dan pesan buku. Misal saya buat PM, selamat malam; selamat istirahat; close order dulu ya; off dulu ya; semangat; jogging dulu; asyik; laris-manis; ngopi, dsb. Sungguh sebuah PM yang tidak bermutu dan tidak lebih bijak dari ocehan anak-anak PAUD *apasih*. Tapi eh tapi, ternyata malah ada yang pada komentar pesan buku.
Mungkin dalam benak pengguna BBM, saat kita buat PM baru itu artinya kita masih hidup dan siap melayani jika dirinya mau order buku. Haha. PM-PM ku gak jelas kok malah mengundang banyak orderan buku? Ya itu butuh proses kawan, ada sejarahnya lah ya... itu tadi, sebelumnya aku sering invite, sering di invite, sering minta di promosikan pin nya ke teman-teman pilihan. Akhirnya aku jadi punya banyak kontak BBM alias punya banyak pelanggan buku yang "pakai" BBM. *apasih* Hehe.
.
3. Sering Komentari PM teman-teman BBM kita.
Penjelasannya dieksplorasi sendiri dulu ya... https://www.facebook.com/images/emoji.php/v7/f4c/1/16/1f642.png:)
Sekian dulu sharing dari saya. Semoga bermanfaat. https://www.facebook.com/images/emoji.php/v7/f4c/1/16/1f642.png:)
***

Amin Sahri
--Owner Rindu Buku Online Bookstore


Tidak ada komentar:

Posting Komentar