Rabu, 03 Januari 2018

Ketentuan CoD Buku

Ketentuan CoD, Update Januari 2018

1. Sebelum Reseller tanya, "Bisa CoD gak sama pelangganku?" WAJIB infokan dulu Judul Buku yang mau di-CoD si Pelanggan. Kalau bukunya kebetulan sudah ready di kos ya kita jawab bisa. Kalau buku yang mau di-CoD belum ready di kos, kita pertimbangkan dulu: bisa kita sanggupi, bisa juga kita tolak.

2. Tidak bisa CoD secara mendadak. Misal siang-siang atau sore Anda bilang "Bisa CoD sekarang/hari ini?" Coba kalimatnya diganti, "Pelanggan pesan buku Judul X, Penerbit Y, Penulis Z. CoD-nya bisa kapan?" Nah kalau sudah seperti itu kita nyaman. Kita akan lebih mudah memastikan bukunya masih atau gak dan kemudian kita lebih mudah ngatur jadwal CoD.

3. Jika Pelanggan minta CoD buku yang bukunya belum Ready di kos dan buku itu merupakan buku yang tidak laris/tidak best seller maka dia wajib DP dulu. Tujuannya menghindari dia cancel. Karena buku yang kita beli, 90%-nya tidak bisa retur. Kalau pun bisa retur, prosedurnya juga ribet dan membuat kita kerja banyak, mondar-mandir, namun gak dapat penghasilan. Kalau Pelanggan cancel CoD-nya buku yang best seller: lumayan gak masalah. Karena buku best seller besok atau minggu depan pasti dibeli sama Pelanggan yang lain. Kalau cancel CoD-nya buku harga mahal dan kurang laris: ini yang membuat kita rugi dan kekurangan sokongan dana untuk belanja buku esok hari.

4. Jam CoD hanya pukul 07.00 - 08.00 dan 17.00 - 17.30 atau 19.00 - 19.30. Kita gak bisa CoD di sembarang waktu, karena kita juga sudah punya jam kerja dan beberapa kegiatan prioritas yang teratur.

5. Hari kapan CoD-nya, kita yang menentukan. Kalau hari ini kita sedang repot, maka CoD bisa saja kita alihkan ke esok hari (sekalipun bukunya ready di kos).

6. Reseller WAJIB MENGINFORMASIKAN bahwa Pelangganmu itu bayar bukunya berapa rupiah. Agar kita mempersiapkan uang kembalian. Soalnya beberapa kali kita bingung kasih duit kembalian, harus mondar-mondar dulu cari duit pecahan kecil. Beberapa kali juga Pelanggan CoD masih tawar-menawar.

7. Reseller Wajib Memberikan nomor WA Pelanggan CoD kepada tim kita (Husain) agar kita bisa lebih cepat memperoleh kejelasan. Kadang Pelanggan lama tidak menghubungi kita, tiba-tiba dia menghubungi saat kita sudah ada acara atau sedang kerja, "Mas aku sudah di sini. Kamu di mana?" Atau kadang Reseller bilang: jam sekian Pelanggan ke situ. Saat kita sudah siap-siap, eh Pelanggan tak kunjung datang. Kita amati beberapa pelanggan CoD yang dikasih nomornya kita (oleh Reseller), mereka lambat memberikan konfirmasi dan kejelasan. Kalau begini, kita yang harus punya nomor Pelanggan CoD biar kita yang inisiatif konfirmasi biar CEPAT CLEAR.

8. Nama-nama Pelanggan yang CoD datanya WAJIB komentarkan di grup FB, dibawah TS Pelanggan yang Sudah Transfer. Formatnya: Tanggal CoD, Nama Pelanggan, Judul-judul yang dibeli dan jumlah pembayaran.

9. Tempat CoD hanya di Alfamart Timoho untuk Pelanggan. Kalau Reseller Jogja mau CoD bisa datang ke kos kita: Kos Baqiet (belakang Cinta Laundry). Alamat kami juga sudah terdaftar di Google Maps, ketik "Rindu Buku" dan Telusuri.

10. Hari Minggu dan hari libur nasional TIDAK MELAYANI COD. Kalau terpaksa harus CoD, diinfokan dulu Judul, Penulis, Penerbitnya. Kalau bukunya Ready di Kos, kita yang atur jam bisa CoD nya kapan. Kalau bukunya gak ready di kos otomatis kita gak melayani CoD karena malas juga libur-libur harus main ke toko/Penerbit (cuma ambil buku sedikit, gak efisien). Di sisi lain, tanggal merah Penerbit-Penerbit juga kantornya tutup.
***

--Amin Sahri, Owner Rindu Buku

Jogja, 4 Januari 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar