Sabtu, 02 Desember 2017

Mengambil Peluang Di Tokopedia

Mengambil Peluang Di Tokopedia

Aku baru memulai jualan buku di Tokopedia. Upload produk juga baru sedikit. Penjualan baru berhasil satu kali.

Tapi boleh ya aku sharing sedikit--barang kali bermanfaat?

Salah satu kelebihan Tokopedia adalah adanya fitur "Peluang". Di fitur ini memuat daftar order yang tidak ter-handle oleh penjual-penjual sebelumnya. Kita boleh mengambil peluang itu jika kita sanggup dan toko kita sudah punya rating tinggi (cukup).

Ini pengalaman ya... Aku pernah melihat ada "peluang" order 1 buku "Panduan Praktis Hukum Properti". Di situ penjual tidak bisa meng-handle kiriman--mungkin stok di tokonya sudah habis. Kalau aku mau ambil peluang itu pertaruhannya sangat besar. Buku itu 78.000 diskon 15%. Sedangkan aku cari bukunya juga belum tentu nemu, belum tentu dapat dengan diskon 20% atau lebih. Tapi aku tak putus ide.

Aku mencari celah dan menemukan hipotesa: pasti yang order sangat membutuhkan buku tersebut, setelah "capek" cari-cari gak dapat, nanti pasti dia mau membeli dengan harga berapapun. Akhirnya aku menemukan relasi toko yang punya buku itu (Panduan Praktis Hukum Properti) dengan diskon 10%. Biar untung, aku jual dengan harga 80.000 (di atas harga normal, wajarlah, bukunya agak susah ambilnya).

Setelah beberapa hari, benar, buku itu yang jual dengan harga lebih mahal tetap dibeli oleh dia. Di sini kita mengambil pelajaran bahwa kita mesti pintar-pintar mengambil peluang yang ditindaklanjuti dengan cara-cara yang memungkinkan.

1 komentar: