Sabtu, 09 Desember 2017

Pandan Kerja Reseller, Desember 2017

*Pandan Kerja Reseller, Desember 2017*


1.       Jam kerja layanan order buku Senin – Sabtu, pukul 09.00 – 17.00. Hari Minggu dan hari libur nasional LIBUR LAYANAN. Jika ada reseller order di luar jam  dan pada hari libur, maka kami tidak melayani. Jika kami meluangkan waktu untuk melayani, berarti kami sedang berbaik hati kepada reseller.


2.      Jika kami sedang ada acara yang penting, maka layanan buku slow respon. Jika kami slow respon, namun Anda punya banyak orderan, diharapkan untuk fokus melayani order buku yang stoknya memadai saja. Stok buku yang tipis (kurang dari 5 eksemplar), akan dikabarkan nanti atau keesokan harinya.


3.      Informasi cek stok buku, komunikasikan ke grup WA. Nanti ada 3 admin yang akan membantu menjawab pertanyaan Anda. Jangan japri ya. Karena kalau japri bisa saja satu buku yang sama dicek oleh 3 admin berbeda, kadang bisa mis komunikasi.


4.      Kami hanya menjual buku yang ada dalam katalog dan ada di postingan grup WA *Foto dan Harga Buku*. Jadi, jika ada order buku yang tidak ada dalam katalog dan tidak ada di postingan, belum bisa kami layanai. Namun, bila pelanggan benar-benar serius membutuhkan buku itu dan “berani” membeli buku itu, harap dia menginfokan lebih dulu identitas lengkap buku tersebut, meliputi: Judul, Penulis, Penerbit, Kota Terbit, Tahun Terbit. Jika, identitas buku sudah lengkap, akan kami bantu lacak semampu kami. Jika identitas buku tidak jelas dan tidak lengkap, TIDAK KAMI LAYANI.


5.      Katalog buku dalam file Ms. Excle akan selalu kami update sebulan 2-3 kali. Jika ada pelanggan yang order buku, dan di katalog terbaru stok lebih dari 5 eksemplar, maka biasanya STOK AMAN. Namun jika stok kurang dari 5 eksemplar, maka harus dicek lebih dulu (masih/tidak).


6.      Reseller yang hendak menanyakan STOK dan HARGA, WAJIB menginfokan dulu Judul, Penulis dan PENERBIT (minimal 3 unsur itu). Jika tidak menginfokan 3 unsur itu, maka pertanyaan reseller TIDAK KAMI LAYANI. Reseller sangat diharapkan untuk sering (lebih dulu) cek katalog excel secara mandiri. Jika sedang tidak memegang laptop/notebook, coba googling dulu.  Atau bisa juga download aplikasi pembuka dokumen di Playstore, nama aplikasinya “WPS OFFICE + PDF”.


7.      Foto-foto buku bisa reseller AMBIL dari IG dan BukaLapak @rindu_buku atau FB Amin Sahri (AmRi) atau di FB Husain Nur (ini selalu update foto setiap hari). Di BukaLapak ada 2.000-an foto, di FB sudah ada 20.000-an foto (sebagian foto dikelompokkan di beberapa album). Saat ini kami belum upload foto promosi buku di blog atau website.


8.     Dalam katalog adalah harga normal ke pelanggan. Harga ke reseller, yaitu harga normal dikurangi 5-25%. Besaran diskon kadang bisa naik, kadang turun. Sewaktu-waktu kami juga membuat promo khusus, diskon bertambah 5% sampai 50% untuk judul-judul tertentu.


9.    Jasa ekspedisi yang biasa kami pakai yakni POS, JNE, TIKI, WAHANA, dan J&T.


10.     Kami juga melayani kiriman ke luar negeri. Pengiriman ke luar negeri bisa via Pos (ke seluruh dunia), Rifa Express (ongkir relative murah ke Singapura), Choir Express (Taiwan dan Malaysia), JBPAI (Hong Kong), SBC Express (Taiwan & Hong Kong), dll.


11.  Untuk cek ongkos kirim (ongkir), reseller bisa download aplikasi “Raja Ongkir” di playstore, bisa juga cek ongkir di cektarif.com atau posindonesia.co.id atau jne.co.id atau wahana.com atau tiki.com9). Kota asal kirim dari Yogyakarta. Kota tujuan diisi nama Kecamatannya dulu, baru nama kota/kabupatennya, masukkan berat buku, setelah itu klik cek/periksa (nanti akan muncul tarif ongkirnya).


12.   Layanan utama ekspedisi yang kami gunakan yakni JNE Reg dan Pos Kilat. Jika dalam Jawa kami mengarahkan kirimnya via JNE Reg/Pos Kilat, kalau luar Jawa bisa via JNE Oke/layanan yang lain. Jika pelanggan minta kirim via Pos Express maka pelanggan harus transfer dan konfirmasi sebelum jam 9 Pagi (dan menyesuaikan judul buku yang dipesan, jika buku langka/buku tidak populer, akan saya konfirmasikan bisa kirim via Pos Express atau tidak, sebab kadang proses/alur ambil/pengadaan barangnya juga agak lama). Jika pelanggan minta dikirim via JNE YES (Yakin Esok Sampai) maka harus transfer dan konfirmasi sebelum jam 12.00 (dan menyesuaikan judul buku yang dia pesan).


13.  Secara umum, ongkir ekspedisi itu dihitung per Kg. Takaran 1 (satu) Kg biasanya muat 3 buku tebal standar (300-an halaman, kertas bookpapaer). Yang beda itu variasi ongkir via Pos Indonesia, ada kategori ongkir per 500 gram, 1000 gram, 1500 gram dan 2500 gram. Secara garis besar, ongkir Pos Indonesia lebih murah dari JNE, namun untuk tujuan beberapa kota besar, bisa lebih murah JNE daripada Pos Indonesia. Yang perlu diperhatikan juga, berat 1300 gram, oleh JNE masih dihitung ongkir 1 Kg, berat 2300 gram masih dihitung ongkir 2 Kg (beda dengan sistem Pos Indonesia dan ekspedisi yang lain). Berat 1300 gram oleh TIKI masih dihitung ongkir 1 kg, tapi sudah dihitung 2 kg jika kirimi via Wahana atau ekspedisi yang lain.


14.  Kami menyarankan kepada reseller untuk lebih intens menjual/mempromosikan buku-buku baru yang laris, best seller dan dari penulis ternama. Yang jelas, buku yang dipromosikan itu buku yang ada di katalog, ada di upload-an FB saya (yang keterangannya STOK MEMADAI).


15.  Jika pelanggan minta kirimi foto buku, reseller silakan cari di album FB Amin Sahri (AmRi). Jika tidak ada, silakan minta kepada admin via chat di grup WA. Jika admin masih slow respon, sebaiknya reseller googling atau download dulu  di website toko-toko buku online. Misalnya di gramedia.com, mizanstore.com, bukurepublika.co.id, divapress-online.com, dll.


16.  Buku dikirim setelah reseller transfer, bukti transfer bisa kirim ke grup WA dan wajib komentarkan ke grup FB dibawah postingan "Pelanggan yang Sudah Transfer".  HARAP DIPERHATIKAN, reseller mesti mengirimkan data pelanggan yang sudah transfer secara lengkap. Meliputi Nama Pelanggan, Alamat Lengkap Pelanggan, No. HP Pelanggan, Ekspedisi yang dipilih dan judul-judul yang diorder pelanggan. Biasanya reseller/pelannggan lupa-nya pada pencantuman No. HP. Info No. HP sangat penting. Jika kurir bingung rute alamat, dia bisa menelepon No. HP pelanggan. Kadang pelanggan yang alamatnya di pelosok, dia akan di SMS kurir untuk mengambil sendiri paketnya di agen.

Contoh format order:

.

Via Wahana
.
Yulis Setyowati
.

Kayen Gg.1 no 07, Rt.002 Rw.004
Ds. Kayangan
Kec. Diwek
Kab. Jombang,
Jatim. Kode Pos 61471.
Hp. 085878375767
.
Order:
1 eks Cala Ibi, Nukila Amal, Gramedia (HN 68.000) 15%
1 eks Para Bajingan yg Menyenangkan, Puthut EA, Buku Mojok, (HN 58.000) 15%
1 eks Negeri Kabut, SGA, Grasindo, (HN 59.000) 15%
1 eks Dunia Sukab, SGA, Noura Books, (HN 54.000) 15%
1 eks Wisanggeni Sang Buronan, SGA, Diva Press, (HN 50.000) 15%
.
.
Pengirim:
Wahyu Eko Sasmito
085706595668


17.   Mekanisme transfer bisa dengan 2 alterantif: a) pelanggan transfer ke reseller, setelah itu reseller transfer ke saya, b) pelanggan langsung transfer ke saya, nanti komisi/jumlah keuntungan dicatat dan bisa diambil kemudian.

No rekening saya:

Transfer ke:
BRI 175301001326536
BNI 0537745658
BCA 0373781590
BRI Syariah 1020908587
Mandiri 180-00-0011104-9

Semua atas nama Amin Sahri

18.  Bukti pengiriman atau nomor resi seringnya kami ambil malam hari. Jadi nomor resi seringnya baru bisa kami berikan ke reseller pada malam hari atau besok paginya. Nanti nomor resi akan selalu diposting di grup oleh tim kami.


19.  Kami memberikan kebebasan reseller dalam menentukan harga jual. Cukup jual dengan harga normal toko, boleh. Jual diatas harga normal juga boleh. Kasih diskon 5% atau berapa pun, silakan.


20. Sewaktu-waktu kami memberikan bonus pulsa, buku atau bonus lainnya bagi reseller yang berhasil mencapai target penjualan tertentu dengan batas waktu yang telah ditetapkan.


21.  Target bagi reseller adalah mampu jual minimal 5 eksemplar per bulan. Jika belum berhasil jual 5 eksemplar tidak masalah, tapi bulan berikutnya reseller akan mendapat harga yang berbeda dari reseller yang selalu mencapai target minimal. Atau jika ingin selalu bertahan menjadi reseller utama dan dapat diskon maksimal, maka tiap awal bulan wajib nyaldo 300.000 (tanggal 1-5).


22. Setiap awal bulan, reseller WAJIB melaporkan hasil rekap penjualannya.

Contoh rekap penjualan:

Rekap Penjualan Juni 2017 - Sulung Book Store, HP 089615671902

1. Anis F. Malaysia. 2 eks
2. Gifari. Cimahi. 4 eks
3. Tyas. Pekalongan. 1 eks
4. Anis Herni. Klaten. 3 eks
5. Iswani. Jakarta Selatan. 2 eks
6. Anin. Solo. 2 eks
7. Fitria A. Mojokerto. 1 eks
8. Rahma N. Cianjur. 2 eks
9. Rudi Nugraha. Bandung. 4 eks
10. Mabrur. Balikpapan. 1 eks
11. Habitah. Malaysia. 1 eks
12. Dwi Kartika. Asahan. 2 eks
13. Tifa N. Jakarta Barat. 1 eks
14. Leni M. Indramayu. 1 eks
15. M. Makinun Amin. Jakarta. 1 eks
16. Dharmawati. Bekasi. 1 eks
17. Ibu Harti. Pekalongan. 3 eks
18. Ana P. Cirebon. 1 eks

Total 33 eks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar